Minggu, 11 Maret 2012


“Mau kemana setelah SMA??” Pertanyaan ini bisa dibilang mau dibawa kemana masa depan kita? ya... masa depan, siapa sih orang yang tidak pernah memikirkan masa depan?. Nah, apa sih masa depan itu?? Masa depan adalah suatu masa yang akan kita jalani dikemudian hari. Termasuk masa depan untuk siswa-siswi SMAN 3 Nganjuk. Entah itu cerah, suram, bahagia, sedih dan lain sebagainya semua itu tergantung dari pilihan kita masing-masing.

Setelah dewasa, kita sendirilah yang akan menentukan apa yang akan kita lakukan setelah hari ini. Namun, kebanyakan dari mereka mulai memikirkan arah hidupnya setelah mereka lulus SMA. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari berbagai pihak, seperti “Mau kemana setelah SMA??”. Cukup sulit juga unutk dijawab. Wah, kira-kira mau kemana ya? Kuliah kah? Bekerja? Menganggur? hemb atau bahkan menikah?? Entahlah ....

Nah, kalau misalkan siswa-siswi kelas XII program IPA dan IPS SMAN 3 Nganjuk yang diberi pertanyaan seperti ini, apa jawaban dari mereka ya???

Berikut hasil yang kami peroleh : ....

“ Mau kemana setelah SMA ? “

Jumlah Populasi : 302 orang

Jumlah Sampel : 50 orang

Metode Pengambilan Sampel

1. Cluster Purpose Random Sampling yaitu setiap kelas diambil secara acak dengan jumlah responden yang relatif sama.

a. Kerja : 3 orang

b. Kuliah : 32 orang

c. Menikah : 10 orang

d. Lain-lain : 5 orang

2. Analisis :

a. Dengan melihat data survey diatas, maka terlihat bahwa minat 3 dari 50 sampel anak SMAN 3 Nganjuk setelah lulus adalah ingin bekerja. Banyak alasan yang membuat mereka memilih untuk bekerja. Satu diantaranya karena mereka ingin membantu orang tua. Mungkin mereka tidak ingin menyusahkan orang tua lagi serta mereka ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

b. Dari data diatas 32 dari 50 orang memilih kuliah. Mereka memilih kuliah karena ingin melanjutkan sekolah yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan adanya minat dari mereka sendiri. Selain itu mereka memilih melanjutkan ke perguruan tinggi karena mereka memiliki biaya yang mencukupi untuk melanjutkan sekolah.

c. 1. Dengan melihat hasil survey diatas, ternyata ada juga dari siswa-siswi SMAN 3 Nganjuk yang setelah lulus SMA akan menikah. Setengah dari 10 orang siswa yang memilih menikah itu karena orang tua mereka tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi.

2. Selain alasan memilih menikah karena tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan sekolah, ada juga alasan lucu yang dijawab oleh anak-anak kelas XII, apa? “ Karena sudah ada calon yang menunggu ”, ada juga salah satu dari mereka yang menjawab “ Ngebet ” haha... sungguh jawaban yang konyol.

d. Jika melihat data diatas, 5 dari 50 rang memilih Lain-lain. Lain-lain disini maksudnya adalah mereka memilih meneruskan kuliah sambil kerja. Alasannya agar mereka tidak begitu tergantung dan tidak menyusahkan orang tua. Dengan disambi bekerja akan dapat menambah uang saku dan sedikit membantu pembayaran kuliah.

Saran

Ketahuilah bahwa masa depan merupakan hal yang paling penting untuk kita. Rangkailah masa depan sebaik mungkin. Tidak hanya dengan bermimpi kita dapat mencapai cita-cita dan apapun yang kita inginkan, tapi dengan tekad dan kemauan yang kuat kita akan dapat mewujudkannya. Sebelum menentukan apa yang akan dilakukan setelah lulus SMA, pikirkanlah semua itu secara benar-benar. Sehingga tidak menimbulkan kekecewaan dan penyesalan pada ujungnya. Apapun yang dipilih oleh kelas XII nanti, semoga benar-benar menjadi pilihan yang terbaik untuk mereka.

Kesimpulan

Setelah kita membahas hal diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pilihan dari siswa-siswi kelas XII SMAN 3 Nganjuk sangatlah beragam. Ada yang kuliah, bekerja, menikah atau bahkan kuliah sambil bekerja. Akan tetapi dari sekian banyak pilihan, 32 dari 50 orang yang kami jadikan sampel, setelah lulus SMA akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi karena alasannya memang ada minat, tekad, biaya, serta kemauan yang kuat dari diri mereka sendiri.



G+


DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape Plagiarism Detection
PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Posting Komentar