Rabu, 14 Maret 2012

Hay sobat ….apa kabar nie…?? Meskipun cuaca kurang bersahabat, tentunya kalian semua pastinya sehat selalu kan..!!! Untuk kali ini, kita akan membahas mengenai kegiatan yang tak lama ini kita laksanakan yaitu kegiatan LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA ( LDKS ) yang diadakan di SKB GROGOL-KEDIRI tanggal 24 – 26 Desember 2011 kemarin. Bagi sobat yang tidak mengikuti kegiatan tersebut, pasti bertanya-tanya tentang apa sih LDKS itu ? apa juga tujuan diadakan LDKS itu ? dan bagaimana prosesnya ? semua pertanyaan itu akan terjawab pada rubric berikut….
Siswa adalah peserta didik yang mengikuti pendidikan SEKOLAH MENENGAH ATAS Negeri 3 Nganjuk. Pemimpin siswa adalah siswa yang karena fungsi dan tugasnya harus memiimpin teman-temanya di lingkungan SMA Negeri 3 Nganjuk. Latihan adalah bagian dari pendidikan yang menyangkut proses belajar mengahar untuk memperoleh dan meningkatkan sikap pengetahuan dan terutama keterampilan sesuai dengan system pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relative singkat dengan metode yang lebih mengutamanakan praktek daripada teori. Kepemimpinan adalah kegiatan atau tindakan untuk mempengaruhi menggerakan serta menggiatkan orang lain dalam usaha bbersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi yang dimaksud dengan LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA disini adalah Latihan Kepemimpinan bagi para siswa SMA Negeri 3 Nganjuk,hususnya mereka yang memiliki potensi kepemimpinan yang menonjol,baik di kelas masing-masing,kegiatan ekskul maupun OSIS dengan jalan menanamkan sikap,pengetahuan dan ketrampilan,agar mereka mampu,cakap dan terampil memimpin atau melaksanakan suatu kegiatan.
Tujuan LDKS adalah meningkatkan dan mengarahkan potensi kepemimpinan siswa dalam rangka menyiapkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas,berakhlak,mulia,terampil,disiplin,dan bertanggung jawab serta memiliki wawasan kebangsaan sehingga mampu menjalankan tugas sesuai denngan funggsinya.
LDKS dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 24 – 26 Desember 2011 di SKB GROGOL KEDIRI. Fasilitas di SKB ini juga cukup memadai bahkan sangat memadai karena didalamnya terdapat Gedung Pertemuan,taman bermain,taman kanak-kanak,ruangan kamar yang setiap kamarnya tterdiri darii 3-5 tempat tidur dan 1 toilet kamar mandi di setiap ruangan,ada pula ruangan khusus untuk makan,mushola dan ada pula kantinnya. Yang istimewa lagi, udara di tempat iitu amat sangat rindang dan sejuk.
Dihari pertama,rombongan berangkat dari SMAN 3 Nganjuk pukul 14.00 WIB dengan mengendarai bus Kawan Kita. Diperjalanan ,untuk menghindari kebosanan,kita bermain giitar dan berbnyanyi bersama-sama. Karna jarak tempuhnya yang tidak terlau jauh,maka kita pun cepat sampai ditujuan. Setelah turun dari kendaraan,kita langsung diarahkan untuk masuk kedalam Gedung Pertemuan. Di dalam gedung yang cukup luas itu acara dimulai dengan sambutan oleh bapak KepSek bapak Mulyono dan dilanjutkan dengan pembacan aturan-aturan yang harus di patuhi serta juga diadakan pembagian anggota kelompok beserta ruang kamar masing-masing. Setelah istirahat sebentar,langsung saja kita disuruh menuju ke Gedung Pertemuan untuk mendapatkan materi dari bapak ibu guru Pembina. Materi yang dimulai pukul 16.00 WIB berakhir pada pukul 18.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan acara sholat maghrib berjamaah. Selesai sholat acara dilanjutkan dengan acara makan malam. Sehabis makan,kita kembali lagi ke gedung untuk mendapatkan materi lagi. Kegiatan hari pertama selesai sekitar pukul 22.00 WIB dikarenakan sudah banyak siswa yang mengatuk…
Dihari kedua,kegiitan dimulai pukul 04.00 WIB,diawali dengan sholat subuh berjamaah. Selesai sholat dan ganti pakaian,peserta diajak untuk beroahraga pagi. Niat peserta untuk jalan-jalan di pedesaan yang amat sangat sejuk sempat tertunda karna adanya sesuatu yaitu karna adanya perintah dari bapak Tamar Hidayat,bahwa peserta harus latihan upacara pengibaran bendera yang bisa diadakan pada setiap hari senin. Tujuannya adalah supaya jika nanti petugas paskibra sedang sibuk dan tidak bisa menjalankan tugas mingguannya,maka OSIS lah yang akan menggantikan peran tugas petugas upacara hari senin tersebut. Latihan tersebut diwarnai ddengan turunya hujan yang cukup deras. Meskipuun hujan turun,latihan tetap saja dilakukan sampai benar-benar bisa menjalankan tugas pengibaran tersebut. Selesai latihan upacara dan peserta ganti pakaian,kegiatan jalan—jalan pagi pun terlaksana. Karna pesertanya anak SMAGA yang tingkat narsis nya lebih dari standart,kegiatan jalan-jalan pun juga dijadikan untuk foto-foto bersama. Cukup dengan jalan-jalannya,peserta kembali ke SKB lagi untuk melaksanakan jadwal kegiatan selanjutnya. Acara selanjutya yaitu ishoma. Selesai ishoma, peserta diajak kembali ke gedung untuk menerima materi lagi. Sehabis olahraga terus makan, tentunya membuat mata peserta mengantuk. Tak sedikit peserta yang mengantuk bahkan ada juga yang sampai tertidur didalam ruangan. Pemberian materi berakhir sekitar pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan ishoma selama 3 jam-an. Seusai itu,kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi lagi sampai pukul 18.00 WIB. Seperti biasa kegiatan berlanjut dengan ishoma. Selesai ishoma kita kembali lagi ke gedung untuk pembekalan materi. Pemberian materi berakhir sekitar pukul 21.00 WIB dan acara pun dilanjutkan dengan kegiatan bernyanyi-bernyanyi bersama. Malam itu kedatangan pula para alumni-alumni SMA 3 Nganjuk yang baru saja lulus. Makin malam pun acara juga semakin meriah saja. Tak menangka acara pun sampai pada puncaknya yaitu acara perenungan tentang perbuatan dosa kita terhadap orang tua. Suasana pun semakin menegangkan ketika lampu di padamkan. Tak sedikit peserta yang menangis karna perenungan malam itu. Acara pun berakhir pukul 24.00 WIB.
Di hari ketiga atau hari terakhir kegiatan dimulai seperti biasa yaitu olahraga dan jalan-jalan. Seusai itu dilanjutkan dengan ishoma selama 2 jam-an. Ishoma berakhir,dilanjutkan dengan pembekalan materi lagi. Namun kali ini materi yang diberikan berbeda,yaitu materi OUT BOUND. Out bound ini bukan outbound yang biasanya tapi outbound kkita hanyalah permainan biasa layaknya anak pramuka. Kegiatan OUTBOUND di pandu oleh kakak-kakak dari CLUB REMAJA CERIA yang berdomisili di kediri. Banyak manfaat dan ilmu yang kita dapat dari kegiatan outbound tersebut. Tak ingin pulang rasanya. Betah banget disana.
Segala kegiatan pun berakhir pada pukul 13.00 WIB. Semua pun berkemas dan menuju ke kendaraan bus yang mengantar kita kemarin.
Semoga saja,ada manfaat yang mampu kita bawa pulang dan kita praktekkan di kehidupan bermasyarakat,amin......


G+


DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape Plagiarism Detection
PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Posting Komentar