Rabu, 07 Maret 2012


Menurut kalian jurnalistik itu apa siih?? Ya,Jurnalistik merupakan ilmu kewartawanan namun ada yang mengartikan ilmu penyusun catatan harian atas fakta dimedia masa termasuk mencari pengumpulan berita kepada halayak dengan segera.

Jadi semuanya sudah tahu kan apa itu jurnalistik,nah kemarin itu sekolah kita selain mengadakan beribu acara yang pastinya menarik dalam rangka Dies Natalis sma n 3nganjuk juga mengadakan peLatihan Jurnalistik. Peserta yang mengikuti adalah dari luar sekolah kita yaitu beberapa SMA Katolik 1 Nganjuk,SMA N 1 Loceret ,semua pengurus ektra jurnalistik,ketua umum ektra dan semua ketua kelas di SMA Negeri 3 Nganjuk.

Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan kemarin itu merupakan sesuatu yang jarang kita dapatkan,jadi harus dimanfaatkan dengan baik karena pelatihan jurnalistik memberikan beribu pengetahuan untuk kita.

Pelatihan jurnalistik kemarin di narasumberi oleh Moch.Syifa dari radar kediri dan Mukhtar Bagus wartawan RCTI. Materi-materi yang disampaikan mencangkup tentang Kompetensi Jurnalistik,contoh-contoh berita,dan wawasan lainnya. Selain itu juga ada tambahan materi dari Dania ketua umum jurnalistik masa bakti 2010/2011 tentang sejarah berdirinya loo.

Penjelasan dari wartawan RCTI adalah mengenai kompetensi jurnalistik,yaitu mengenai aspek-aspek yang perlu dikembangkan misalnya penguasaan ketrampilan mencangkup penguasaan menulis,wawancara,investigasi dan penguasaan menggunakan alat kerja,pengetahuan mencangkup pengetahuan umum dan pengetahuan khusus tentang jurnalistik,dan kesadaran mencangkup etika,hukum,dan karir. Ada juga lagi tentang contoh naskah berita siaran langsung di Televisi,dan nasih banyak lagi.

Kemudian dari radar kediri menyampaikan tentang kode etik jurnalistik,yang mencangkup tentang perilaku-perilaku dan peraturan yang harus dilaksanakan,dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Kemudian Moch.Syifa juga memberikan contoh artikel yang dimuat didalam surat kabar. Segudang materi yang udah disampaikan Moch.Syifa yang diberikan oleh para audiens2 peserta pelatihan jurnalistik sobat .

Terakhir kita diberikan materi tentang sejarah berdirinya walaupun ketua umum jurnalistik belum sempat menjelaskan dengan detail kita tetap bisa menimba pengetahuan melalui membaca sahabat . Jadi kita tidak sia-sia mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masa depan kita mendatang. Terus maju dan kreatif aja buat sahabat-sahabat setia !!



G+


DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape Plagiarism Detection
PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Posting Komentar