Kamis, 15 Maret 2012


Hai sobat,. kali ini kita akan membahas tentang perlu atau tidaknya pembekalan dan penempuhan ekstra kurikuler di sekolah kita ini.
Pastinya para sobat udah pada pernah kan mendapatkan pembekalan dan menjalani penempuhan di sebuah ekstra kurikuler.banyak banget hal-hal unik, asyik, dan berbagai pengalaman seru lainnya yg kita dapatkan dalam suatu ekstra kurikuler.Ekstra kurikuler itu,sangat bermanfaat bagi kita jika kita bisa memanfaatkannya.Gimana nggak bermanfaat, dalam sebuah ekstrakurikuler kan, kita bisa menyalurkan bakat-bakat terpendam kita.Kita juga bisa lebih mangasah bakat-bakat kita di dalam suatu ekstra yang kita senangi.Namun, sekarang, kita coba ngomongin tentang pembekalan dan penempuhan ekstra.

Perlu atau enggak sih pembekalan dalam suatu ekstra itu,..??ternyata 100% respondet mengatakan “PERLU”. Banyak banget alasan mereka memilih perlunya pembekalan dalam suatu ekstra. Mayoritas dari mereka memerlukan pembekalan karena mereka ingin lebih memahami, memperdalam ilmu,menambah ilmu dari ekstra yang mereka ikuti.Misalnya saja,pendapat dari teman kita ini,sebut saja dia Henny Septiani, dia ini salah satu anggota dari ekstra ‘English Club’ . menurut dia , “Pembekalan itu perlu , karena pembekalan itu digunakan untuk memahami materi-materi, khususnya ya bahasa inggris.Ekstra lain pun , saya rasa juga perlu.sebab, kalau ada ekstra, namun tidak ada materi .kan,,jadinya nggak pas banget ”. Berbeda lagi dengan pendapat teman kita dari ekstra lapangan “PALA”, sebut saja dia Fitri Prastiwinayu, dia mengatakan “perlunya pembekalan dalam suatu ekstra itu, karena, pembekalan bisa bertujuan untuk menguasai materi-materi dan mempraktekkannya dalam ekstra tersebut”.
Hmm , gimana ya kalau tentang penempuhannya,.,???. Kayaknya banyak pro dan kontra nih.!!..Dari hasil wawancara , ternyata ada 65% respondet menjawab “PERLU” dan 35% respondet menjawab “TIDAK PERLU” . Tentunya, mereka mempunyai alasan-alasan yang menguatkan pendapat mereka itu. Dan mayoritas dari respondet yang menjawab perlunya penempuhan dalam suatu ekstra itu , karena mareka berfikir dalam penempuhan itulah mereka dapat mengetes seberapa kuatkah mental kita saat sang senior membentakataupun soal memberikan pengarahan kepada kita dengan nada yang sedikit meninggi , hehehe,.,bukan itu saja , penempuhan juga bisa kita jadikan tolak-ukur untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kita dalam memahami materi-materi yang sudah diajarkan oleh kakak senior kita. Misalnya saja , pendapat dari fenanias salah satu anggota “KIR”. Dia berpendapat “Penempuhan perlu di adakan, karena hal ini baik di gunakan sebagai tolk-ukur seberapa besar kemampuan kita dalam memahami sebuah materi dalam ekstra”. Berbeda lagi dengan pendapat Satria Utama dari anggota ekstra musik ini , baginya “penempuhan itu tidak perlu diadakan , karena biasanya didalam penempuhan ekstra itu, sering terjadi kekerasan baik secara langsung maupun tidak. Tanpa sadar, hal ini akan mengakibatkan salah satu junior akan tersakiti dan akhirnya junior bisa dendam pada senior, Hal ini sungguh sangat tidak di inginkan.”

Lalu bagaimana pendapat respondet yang didalam ekstranya tidak diadakan penempuhan ya?? Ternyata beberapa dari mereka mengaku senang loh,.,karena tidak adanya penempuhan di ekstra mereka.Seperti Yohanes Elkana M. ia mengaku sangat senang dengan tidak adanya penempuhan di ekstranya, karena dia merasa tidak di persulit oleh kakak-kakak senior.
OK,deh sobat, dari pendapat-pendapat diatas tadi, semoga kita bisa mengambil pelajaran yang bermanfaat ya!


G+


DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape Plagiarism Detection
PERHATIAN! Jika Anda meng-copy artikel ini, mohon untuk sertakan 1 link aktif dibawah artikel yang mengarah ke halaman ini. Jika tidak, kami akan melaporkannya ke pihak Google untuk memproses Web/Blog Anda. Setiap hari kami mengecheck siapa saja yang mengCopy artikel kami. Terimakasih atas perhatiannya.

0 komentar:

Posting Komentar